Bandar Udara Edinburgh

Bandar Udara Edinburgh (IATA: EDI, ICAO: EGPH) (juga disebut sebagai Turnhouse) terletak di Edinburgh, Skotlandia, bandar udara terbesar ke-8 di Britania Raya.[1] Bandar udara ini terletak 8 mil (13 km) barat pusat kota Edinburgh.Bandar Udara Edinburgh dikelola oleh BAA Limited, perusahaan yang juga mengelola London Heathrow, London Gatwick, London Stansted, Glasgow International, Aberdeen, dan Southampton.Bangunan terminalnya didesain oleh Robert Matthew, dikonstruksi pada 1977 dan diperlengkapi beberapa tahun terakhir, dengan fasilitas tempat parkir baru dan perlebaran hall kedatangan. Sebuah ATC baru selesai dibangun pada 2005.Terdapat rencana untuk perluasan bandar udara, dengan
jumlah penumpang yang ditargetkan mencapai 20 juta per annum pada 2030.

Sejarah
Aerodrome Turnhouse merupakan basis pertahanan udara Britania Raya paling utara pada Perang Dunia I. Basis kecilnya dibuka pada 1915 dan digunakan sebagai basis Skuadron 603 (Edinburgh), yang mencakup pesawat pembom DH 9A, Westland Wapitis, Hawker Harts, dan Hawker Wind. Semua pesawat menggunakan landasan pacu yang permukaannya rumput.Pada 1918, Angkatan Udara Kerajaan dibentuk dan bandar udara itu diberi nama RAF Turnhouse dan kepemilikannya diserahkan kepada Menteri Pertahanan.Ketika Perang Dunia II pecah, komando mengambil alih bandar udara tersebut dan landasan pacu sepanjang 3,900 kaki diberi aspal agar dapat menangani pesawat Vickers Supermarine Spitfire.
Setelah perang berakhir, bandar udara itu tetap berdiri dibawah kontrol militer, tetapi pada tahun 1940, penerbangan komersial pertama diluncurkan. Pada 1947, British European Airways memulai penerbangan antara Edinburgh dan London menggunakan pesawat Vickers Viscounts.Pada 1952, landasan pacunya diperpanjang hingga 6,000 kaki untuk menangani pesawat Vampire FB5. Pada 1956, sebuah terminal penumpang dibangun untuk penerbangan komersial dan 5 tahun kemudian, bangunan tersebut diperlebar. Menteri Pertahanan menyerahkan kepemilikan bandar udara Edinburgh kepada Menteri Penerbangan pada 1960. Pada 1971, Otoritas Bandar Udara Britania Raya (BAA) mengambil alih bandar udara ini dan memulai perluasannya dengan membangun landasan pacu baru dan terminal.Landasan pacu 13/31 (sekarang 12/30) melayani bandar udara dengan baik, tetapi pemotongan jalur landasan pacu menyebabkan kerugian karena arah angin, sehingga penerbangan dialihkan ke landasan pacu baru (07/25, sekarang 06/24). Landasan pacu ini, diselesaikan pada 1977 dengan panjang 8,399 kaki, dan dapat menangani semua pesawat modern. Sebuah terminal baru dibangun di pinggiran landasan pacu dan terminal lama dan hangar diubah menjadi pusat kargo.Penerbangan internasional pada 1980 dari Edinburgh menuju Amsterdam dan Dublin, tetapi pada tahun-tahun berikutnya, destinasi di Perancis dan Jerman. Pada akhir dekade, BAA telah mengumpulkan dana untuk memperlebar bangunan terminal dan membuat apron parkir.

Maskapai Penerbangan dan Destinasi
Aer Arann (Cork, Galway)
Aer Lingus (Dublin)
Air France
Air France dioperasikan oleh CityJet (Paris-Charles de Gaulle)
Air Transat (Toronto-Pearson)
bmi (Brussels, Copenhagen, Jersey, Leeds/bradford, London-Heathrow, Manchester, Zürich)
bmibaby (Birmingham, Cardiff, East Midlands)
British Airways (London-Gatwick, London-Heathrow)
British Airways dioperasikan oleh BA CityFlyer (London-City)
British Airways dioperasikan oleh Loganair (Inverness, Isle of Man, Kirkwall, Lerwick, Sumburgh, Stornoway, Wick)
Centralwings (Gdańsk, Katowice, Warsaw)
Clickair (Barcelona [dimulai pada 1 Agustus 2007])
Continental Airlines (New York-Newark)
Delta Air Lines (Atlanta-Hartsfield [diakhiri pada 27 Oktober 2007, New York-JFK [dimulai pada 2 Mei 2008])
easyJet (Alicante, Amsterdam, Belfast-International, Bristol, Dortmund, Geneva, London-Gatwick, London-Stansted, London-Luton, Madrid, Milan-Malpensa, Munich, Palma de Mallorca, Paris-Charles de Gaulle [dimulai pada 10 September 2007])
Eurocypria Airlines (Larnaca, Paphos)
Flybe (Belfast-City, Bergerac, Birmingham, Exeter, Jersey, Newquay, Norwich, Manchester, Paris-Charles de Gaulle, Rennes, Southampton)
Flyglobespan (Alicante, Arrecife, Barcelona, Faro, Funchal [dimulai pada 5 November 2007], Ibiza, Mahon, Málaga, Murcia, Nice, Palma de Mallorca, Prague, Pula, Rome-Fiumicino, Sharm-el-Sheikh [simulai pada 7 November 2007], Tenerife-South, Toronto-Hamilton)
Finnair (Helsinki)
Germanwings (Cologne/Bonn)
Jet2.com (Avignon, Chambery [dimulai pada 15 Desember], Murcia, Milan-Bergamo, Pisa, Prague)
KLM Royal Dutch Airlines (Amsterdam)
Lufthansa (Frankfurt)
Monarch Airlines (Reus)
Norwegian Air Shuttle (Oslo)
Ryanair (Dublin, Shannon)
Scandinavian Airlines System (Stockholm-Arlanda)
ScotAirways (London-City)
Sterling Airlines (Copenhagen, Stockholm-Arlanda)
Widerøe (Bergen)

Kecelakaan
Pada 27 Februari 2001, sebuah pesawat Shorts 360 milik Loganair (G-BNMT) mengoperasikan penerbangan Royal Mail menuju Belfast, jatuh di Firth of Forth setelah lepas landas dari Edinburgh pada 1730 GMT. Dua kru tewas, tetapi tidak ada penumpang di dalamnya. Penyebabnya diduga karena lapisan pelindung tidak dipasang pada mesin pesawat saat diparkir untuk beberapa jam dalam cuaca bersalju di Edinburgh.

Referensi
United Kingdom AIP

Pranala luar
Website Resmi
Edinburgh Airport Consultative Committee
Sumber, http://id.wikipedia.org/