HONGKONG

BANDAR UDARA INTERNASIONAL HONGKONG

Bandar Udara Internasional Hong Kong (b. Inggris: Hong Kong International Airport atau HKIA) adalah bandara internasional yang melayani daerah Hong Kong, Republik Rakyat Cina dengan kode IATA HKG dan kode ICAO VHHH. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Chek Lap Kok.Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta
penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).Saat ini terdapat 2 buah landas pacu dengan panjang 3.800 meter dan selebar 60 meter. Nama landasan tersebut adalah 07L/25R dan 07R/25L yang berarti bisa juga dibedakan sebagai landasan utara dan selatan.

Sejarah
Bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandara Internasional Kai Tak di atas pulau buatan yang direklamasi dari pulau Chek Lap Kok dan Lam Chau. Luas lahan bandara ini adalah 12,48 km² yang 25% dari luas tersebut adalah kedua pulau yang direklamasi tadi.Bandara ini dibuka pada 6 Juli 1998 dengan desain dari arsitek Foster and Partners serta memakan waktu 6 tahun dengan biaya 20 milyar dolar AS. Selama tiga sampai lima bulan pertama beroperasi, berbagai masalah melanda bandara ini bahkan kargo sempat dipindahkan kembali ke Kai Tak.

Kedatangan
Di lobi kedatangan, penumpang harus melalui pemeriksaan imigrasi, mengambil bagasi, dan melalui pemeriksaan bea cukai. Walaupun Bandara Internasional Hong Kong hanya memiliki satu buah terminal, tetapi keluar melalui pintu yang salah akan menyebabkan kesalahan yang fatal terutama bila penumpang akan bertemu dengan seseorang yang bukan penumpang.

Pesawat di lapangan taksi Bandara Internasional HK
---------------------
Pemungutan bagasi pada karousel 1-7 mengharuskan penumpang untuk keluar dari pintu keluar A. Sedangkan pemungutan bagasi pada karousel 8-14 mengharuskan penumpang untuk keluar dari pintu keluar B. Hanya Cathay Pacific yang mempunyai karousel pemungutan bagasi dan pintu keluar yang tetap (yaitu 7-8).



Jalur J
LY - El Al Israel Airlines
MF - Xiamen Airlines
MU - China Eastern Airlines
NW - Northwest Airlines
OX - Orient Thai
OZ - Asiana Airlines
PK - Pakistan International Airlines
PR - Philippine Airlines
TK - Turkish Airlines
UL - SriLankan Airlines

Pranala luar
(Inggris) Bandara Internasional Hong Kong

BANDAR UDARA KAI TAK

Peta Kai Tak
Bandar Udara Kai Tak (Mandarin: 啟德機場; pinyin: qide jichang) adalah nama populer dari bekas bandara internasional Hong Kong, predikat yang sekarang disandang oleh Bandara Chek Lap Kok sejak 6 Juli 1998. Kode IATA dan ICAOnya adalah HKG dan VHHH dan sekarang juga diambil alih oleh bandara baru. Bandara ini pernah menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, dan Air Hong Kong.

Satu-satunya landas pacu di bandara ini adalah landas pacu 13/31 sepanjang 3390 meter di atas tanah hasil reklamasi.

Keadaan geografis
Kai Tak terletak di utara Teluk Kowloon di Kowloon, Hong Kong. Sekitar bandara ini adalah pegunungan; kurang dari 10 km ke utara terdapat jajaran bukit yang mencapai tinggi 2000 kaki sedangkan di timur landas pacu terdapat perbukitan sejauh kurang dari 5 km. Di selatan bandara terdapat Victoria Harbour dan Pulau Hong Kong dengan bukit-bukit yang mencapai 1700 kaki. Karenanya, tingkat kesulitan untuk mendarat dan lepas landas di bandara ini sangatlah tinggi karena harus melewati daerah pemukiman pada ketinggian sangat rendah. Selain itu, aktivitasnya telah melebihi kapasitas.
Hasilnya, pada akhir 1980-an, pemerintah Hong Kong mencari lokasi-lokasi alternatif untuk sebuah bandara baru. Akhirnya dipilihlah Pulau Chek Lap Kok dekat Pulau Lantau. Pemindahan operasi bandara ini berlangsung sekali dalam jumlah besar, yang dimulai setelah pesawat terakhir di Kai Tak mendarat 1:28 pagi dan berakhir sebelum pesawat pertama mendarat di Chek Lap Kok pada 6:25.

Pranala luar
Situs web Bandara Kai Tak oleh Departemen Penerbangan Sipil Hong Kong
Sumber, http://id.wikipedia.org/