KAMBOJA

BANDAR UDARA INTERNASIONAL PHNOM PENH 
Bandar Udara Internasional Phnom Penh bahasa Perancis: Aéroport International de Phnom Penh) (IATA: PNH, ICAO: VDPP) adalah bandara terbesar di Kamboja. Bandara ini berlokasi 7 mil barat Phnom Penh, ibukota negeri.

Sejarah
Nama lama dari bandara Phnom Penh adalah Bandar Udara Internasional Pochentong.
Pada 6 Juli 1995, Pemerintah Kerajaan Kamboja (RGC) menandatangani persetujuan konsesi dengan perusahaan join venture asal Perancis-malaysia Société Concessionaire d’Aéroport (SCA), untuk
mengoperasikan Bandara Internasional Phnom Penh (PNH) - Pochentong. Ini menandakan kembalinya perusahaan yang sudah berdiri 20 tahun. SCA yang dimiliki oleh Groupe GTM (70%) dan Muhibbah Masterron (30%) berkomitmen untuk mengadakan program pengembangan senilai $110 juta yang meliputi pembangunan landasan pacu baru, bangunan terminal dan kargo, hangar, instalasi sistem pendaratan instrumen (ILS) kategori III, dan lampu pendaratan terpadu.Berger Group dipilih oleh RGC untuk menyediakan layanan teknik independen selama konsesi, untuk mengaudit rancangan dan memberikan saran untuk kepraktisan dan biaya dari proposal pengembangan yang diajukan konsesi. Tim Berger juga mengawasi pengerjaan yang sudah berjalan untuk mengakomodir pesawat badan lebar seperti Boeing 747, termasuk lapisan landasan pacu beton aspal; pemasangan ILS baru, peralatan meteorologi, pencahayaan landasan pacu, sistem energi; dan pembangunan pangkalan pemadam kebakaran, taxiway, dan perluasan turn-pad.Setelah kesuksesan penyelesaian pekerjaan sebelumnya, Tim Berger menyediakan penyediaan desain dan pelayanan teknik independen untuk konstruksi terminal baru seluas 18,000 meter persegi untuk mengakomodir pertumbuhan lalu lintas wisatawan asing. terminal senilai $22 juta juga meliputi 3 garbarata, lahan parkir dengan kapasitas 700 kendaraan dan fasilitas VIP dan CIP.Bandara ini juga memiliki waralaba Dairy Queen. Waralaba ini merupakan salah satu waralaba pertama yang beroperasi di Kamboja.

Maskapai dan DestinasiMaskapai       Destinasi
AirAsia            Kuala Lumpur
Asiana Airlines            Seoul-Incheon
Bangkok Airways       Bangkok-Suvarnabhumi
Cambodia Angkor Air            Ho Chi Minh City, Siem Reap
China Airlines Taipei-Taoyuan
China Eastern Airlines            Kunming, Nanning
China Southern Airlines          Beijing-Capital, Guangzhou
Dragonair        Hong Kong
EVA Air         Taipei-Taoyuan
Jetstar Asia Airways   Singapore
Korean Air      Seoul-Incheon
Malaysia Airlines        Kuala Lumpur
Shanghai Airlines        Shanghai-Pudong
SilkAir Singapore
Thai AirAsia    Bangkok-Suvarnabhumi
Thai Airways International     Bangkok-Suvarnabhumi
Tri-MG Intra Asia Airlines     Bangkok, Ho Chi Minh City, Singapore
Vietnam Airlines         Ho Chi Minh City, Vientiane

Pranala Luar
Phnom Penh International Airport at Cambodia International Airports website
Kondisi cuaca NOAA/NWS untuk VDPP
Sejarah kecelakaan ASN untuk PNH
Sumber, http://id.wikipedia.org/